50KM Takoyaki

22 July 2012, Hari ini adalah hari yang net sebut 50KM. Pada saat jalan balik menuju bekasi dari bandung yang pertama kali net lihat ke luar jendela bis adalah plank KM 50.

Hari ini adalah hari yang ga akan bisa net lupakan karna sungguh hari yang penuh dengan pelajaran akan hal-hal baru mengenai melankoli romantika masa muda. Memang net ditakdirkan sebagai seorang remaja yang tidak punya sama sekali pengalaman akan romantika percintaan.

Ya awal kali net bertemu dengan gadis ini (sebut saja takoyaki) saat net masuk sebagai trainee di tempat net bekerja. Penampilan dipasang full pada saat itu karna net jaga image sebagai karyawan baru yang rapih. Ditengah net sibuk mempersiapkan persiapan training, tiba-tiba muncul seorang gadis yang luar biasa manis sambil meminggul backpack yang terlihat berat. Entah mengapa net merasa timbulnya perasaan suka. Karna net tipikal orang yang pemalu terbesit dalam fikiran, bagaimana net bisa kenal anak itu.

Dan entah bagaimana caranya munculah adik kelas net, Ice Cream, seorang cewe yang SKSD (sok kenal sok deket) dan selalu minta traktir es krim sama siapa aja, yang secara kebetulan masuk sebagai trainee yang sama ditempat net bekerja. Secara gak langsung Ice Cream lah yang membawa net bisa larut dalam pertemanan dengan takoyaki si gadis manis dengan backpack, hingga kita menjadi 3 sekawan.

Usut punya usut sekian lama mengenal dibawah bendera pertemanan ternyata takoyaki adalah adik dari senior dedengkot di kantor net, yang membuat net menjadi sedikit segan. Net dan ice cream tadinya mengira kakak dari takoyaki adalah cowoknya, dan ternyata mereka adalah saudara yang serupa tapi tak sama.

Dua bulan berkenalan akhirnya membawa kami kumpul bersama di sebuah mall yang terbilang cukup besar di bandung. Ice Cream menggaet pacarnya, sedang net sendiri dan takoyaki belum juga muncul. Lama kami bertiga menunggu kedatangan takoyaki kemudia dia muncul bersama kopi (Senior di tempat kerja) dimana dia habis belajar ruby(salah satu bahasa pemograman). Sedikit muncul di benak fikiran jgn2 mereka berdua sudah jadian. Langsung mata kami pun beradu seolah muncul aliran listrik dari dua pejantan tangguh. Akirnya kopi pun memutuskan untuk pergi sendiri dengan alasan ingin mencari sepatu, dan kami ber empat pun berpisah dari kopi. Kopi yang aneh.

Dan disinilah terjadi kejadian yang terbodoh dan terkesan tergesa-gesa, hal ini mungkin diakibatkan karna net yang ga pernah ngalamin gimana rasanya pacaran. Dan net gak tau sama sikali atas apa akibat dari apa yang net lakukan.

Trimakasih, net akhirnya menyatakan perasaan ke takoyaki dengan bahasa jepang yang net pelajari dari radio untuk menembak cewe “aishiteru, sukiyate kudasai?”. Akhirnya semua pada bengong, dan net? Galau tingkat akut, takoyaki Cuma bisa cengar cengir sekaligus malu dan tidak bisa berkata apa-apa. Akhirnya rusak lah acara jalan-jalan kita gara-gara net yang bodoh yang tidak tau situasi.

Tentunya takoyaki gak bisa jawab. Mungkin dia mengerti dia gak mau ngerusak atmosfir have fun menjadi kelam tentunya. Makanya dia lebih memilih untuk menjawabnya pada hari yang tepat.

Skip, gw hampir gila. kemelut gejolak entah apa perasaan ini yang net belum pernah rasakan sama sekali sebelumnya. kalut gelisah. hingga saat menanti jawaban itu pun tiba.

Waktu itu siang bolong, karna net yang bener-bener gak sanggup jadi net minta takoyaki menjawabnya pada hari itu. Kebetulan kantor kita berdua ditempatkan pada tempat yang berbeda dan terpaut satu kilometer. Net rela ketemu dia di kantornya jalan kaki siang-siang dengan matahari diujung kepala. Benar sekali net mendapat jawaban, bahwa takoyaki belum dapat menerima net dan menganggap net sebagai kakak dan takoyaki berkata jangan pernah berubah sikap terhadapnya.

Net pun menerima jawaban itu, kemudian net kembali dengan perasaan campur aduk. dari situ net belajar gimana rasanya ditolak cewe dimana sebelumnya net aja nembak dan ditolak aja belum pernah, net bersyukur net dapat merasakanya, dan setidaknya ada perkembangan…hahaha.

Ya si takoyaki ini menjawab dengan kata-kata terbaiknya menganggap net sebagai kakaknya. dan semenjak itu net depanggil kak oleh takoyaki. dari situ net mengenal takoyaki lebih dalam net menjadi jauh lebih dekat dengan takoyaki dan mengenal tentang kehidupanya.

Dimana net belajar banyak dari kehidupan takoyaki, tentang perjuangan hidup, usaha, semangat, mimpi yang terkubur, belajar menerima kenyataan, dan tentunya pelajaran yang sangat beharga yang net dapat darinya adalah tentang betapa berharganya orang tua terutama seorang Ayah. ya ayah orang yang paling net benci dalam kehidupan net, tapi itu kisah yang terpisah dari kisah ini.

Pernah net juga sedikit berkonsultasi ke kak Donat (cewek senior di tempat kuliah net) atas kepolosan gw dalam hal mencintai dan dicintai. dan net ceritakan semua yang telah net lakukan, kemudian net di keplak…hahaha net hanya bisa tertawa setelah mendengar banyak cerita darinya. dan so pasti net merasa dungu melakukanya, seharusnya net dapat membedakan momentum yang tepat ketika ingin mengutarakan isi hati yang sebenarnya dimana hanya ada dia dan net.

Kembali ke takoyaki, sedikit curhat dia pernah pacaran dengan orang yang berbeda kepercayaan kemudian disaat sudah terlanjur mencintai merekapun harus terpisah karna agama. pada intinya takoyaki masih terpenjara oleh masa lalu dan sulit untuk membebaskan diri. dari situ net belajar lagi bagaimana cinta seorang wanita itu adalah nyata ketika ia jatuh cinta pada seseorang sepenuh hatinya akan ia berikan pada yang dia cintai, dan akan sangat sulit baginya untuk melupakan begitu saja.

Akhirnya gw tersadar atas apa yang semua kak donat katakan itu benar adanya. pada saat net menyatakan ke takoyaki adalah momentum yang salah karna takoyaki masih terlanjur mencintai mantannya.

Ya sedikit demi sedikit net berusaha membuatnya semangat untuk berjuang melupakanya. bukan maksudnya aji mumpung, tapi setulus hati net mencoba menyadarkan takoyaki bahwa lembaran hidup akan terus berputar ditempat ketika tak urung melangkah maju.

Tak terasa genap satu tahun net memutuskan untuk mundur dari tempat kerja, karena net harus bekerja di jakarta sesuai janji net pada Allah.

Setelah resmi beberapa hari resign net iseng menunjukan keindahan danau kampus net yang lama di malam hari ke takoyaki. terus entah bagaimana kami duduk berdua didepan danau. disinilah terjadi banyak percakapan penting yang membuat net berfikirmasih ada secercah harapan untuk memilikinya. Takoyaki bilang, pada saat pertama kali bertemu di training dia sempat suka sama net. sejujurnya net mau bilang ke dia disaat itu juga net merasakan hal yang sama. Tapi sebelumnya ada percakapan yang membuat net tidak bisa mengatakanya. takoyaki bertanya kalo masih adakah rasa suka gw ke dia? kalo ada dia gak akan maafin net.

Ya net mau ngomong apa coba? jadi net ikut permainan bola yang sudah berputar dengan bilang bahwa net tidak menyimpan perasaan apa apa lagi padanya. sungguh tidak bisa berkutik untuk jujur mengatakanya dengan tegas atas apa yang sesungguhnya net rasakan sama dia. net juga mengajaknya makan takoyaki bareng yang membuatnya menjadi suka dengan takoyaki. dan net dibayarin sama dia padahal net udah nyodorin uang ke abangnya dodolnya net ga pernah bisa tegas sama diri sendiri.

akhirnya net balik ke bekasi, rimba net bersemayam. 6 bulan pengangguran membuahkan hasil pada kerjanya net di sebuah perusahaan it perbankan. kesibukan membuat net larut dan lupa kalau net membutuhkan sesuatu yang selama ini net cari sebagai pendamping hidup yaitu takoyaki, kemudian mulai merasa rindu membuat net otomatis mengajak takoyaki untuk bertemu kembali di bandung. diapun setuju.

Hari H pun akan segera tiba dan net berniat mengatakan yang sejujurnya karna net pikir ini adalah saat yang tepat. akhirnya net ke bandung dan stay satu malam di tempat teman. esok harinya adalah hari yang ditunggu tunggu entah mengapa net merasa sama sekali biasa-biasa saja ga ada yang istimewa ga senang dan ga sedih. dan kahirnya takoyaki pun menunjukan batang hidungnya, kami pun betemu di depan game center di salah satu mall bandung. lalu net mengajaknya untuk pesen tiket di bioskop, ya kita berencana nonton batman karna kayaknya spiderman is not so amazing right now.

saat mulai melangkah, net mencoba memulai percakapan dengan berkata, gpp nih saya ajak jalan nanti pacarnya marah lagi? . seperti biasa takoyaki hanya cengar cengir dan hanya berkata gpp. akhirnya kami antri pesen tiket di sana dan tak sengaja berpapasan dengan seorang anak kantor net yang lama. karna tekoyaki takut digosipin mungkin dia cari aman dengan izin menjauhi saya dan pura pura duduk di waiting lounge. aneh sih pikir net, ya dan anak itu memang suka aneh. Film pun dimulai jam 1.15 dan kini masi menunjukan jam 12, kemudian kami jalan2 dulu untuk membunuh waktu.

Kami melihat2 baju, sepatu, DVD, dsb. Yeah studio lima pun dibuka, kami masuk dan show is begin. Filmnya berlangsung cukup lama sekitar 3 jam.tapi sangat berharga dan seru di detik akhir2 filmnya. sambil menunggu jam buka  puasa kami  pun berencana makan takoyaki dan mencarinya disekitar ciampleas sayang sungguh disayangkan warungnya tutup. sangat mengecewakan memang.

akhirnya kami memutuskan untuk makan di radja kecil sambil menunggu berbuka terjadi banyak percakapan dan hingga disaat net ingin mengatakan, takoyaki pun menegaskan kalo dia sudah jadian. hahaha gila sungguh gila, tersadar bahwa net sudah terlambat. entah bagaimana raut wajah kekecewaan net pada saat itu. belum sempat mengatakan dan lagi kembali tertimbun.

saat ini net belajar bagaimana rasanya terlambat, seperti bait lirik lagu adera dalam lagunya yang berjudul terlambat. Takoyaki sudaj jalan dua bulan dengan pacar barunya ini. dan saya terlambat. akirnya net pulang dengan rasa iklas tapi masih ada perasaan yang mengganjal yang harus net katakan tapi kami pun sudah berpisah..bait demi bait ketikan kata-kata sms net rangkai dan terpaksa hanya dalam sms saya katakanlah niat net yang sebenarnya untuk bertemu dia. net berharap dia mendapatkan yang terbaik.

Inilah melankoli cinta, sungguh Allah maha bijaksana dia banyak mengajarkan net lewat takoyaki. Dan Bis kembali menuju bekasi yang net lihat diluar jendela pertama kali adalah 50KM.

Ya 50KM adalah jarak pengalaman romantika cinta net hingga sekarang berkat takoyaki.


One comment


Komentar komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s