Share Pengalaman Bikin Paspor di Imigrasi Jaksel

Abis baca baca di blog lain katanya ke kantor imigrasi harus pagi pagi jadi gw bangun deh pagi2 buta..hal yang ga lazim sih..dapet info juga ternyata kita bisa bikin paspor dimana aja ga musti sama dgn wilayah ktp.

Sampe kantor imigran jakarta selatan di buncit jam 7 lewat tipis..lansung naik ke lantai dua buat nyerahin berkas (fk.ktp di kertas a4 ga dipotong, kartu keluarga, akte, dan ijasah trakir) damn antrian uda menjalar ibarat ular tangga dibalik monopoli..

Selesai mengantri buat penyerahan berkas dapet antrian nomor 82..wkwkw lumayan lah buat pemula

Fyi aja loket2 dibagi 4 bagian dari paling kiri ke kanan..loket 2 s.d 4 itu buat antrian A (yang registtasi pake internet) loket 5 s.d 8 itu buat layanan umum..misal mau registrasi lansung berkas2nya..loket ini buat antrian B

loket 9 kusus untuk penyerahan berkas buat antrian lansia dan naik haji

loket 10-11 loket pembayaran buat antrian C. Dan sisa loketnya itu buat pengambilan paspor..

Akirnya dipanggil juga trus nyerahin deh berkas2 yang uda kita siapin dan dikasi tau lagi untuk datang 2 hari kemudian buat melakukan foto dan interview..abis itu dikasi secarik kertas yang harus kita baca karna syarat2 untuk melakukan foto ada di kertas itu.. yang jelas seinget saya sih dilarang make kemeja putih..

2 hari kemudian dateng lagi ke imigrasi dapet antrian 128 C ternyata antrian C itu untuk pembayaran sekaligus foto dan intetview..dihari ini kita ngantri di dua loket…pertama di loket pembayaran paspor di loket ini kita harus bayar paspor sebesar 255 ribu jadi persiapkan uang terlebih dahulu, jika belum mengambil uang ada 3 ATM di imigrasi (BNI, BRI, dan Mandiri) di lantai 1.

Selepas antri bayar kita pindah ke loket foto dan antri di loket foto.nah loket foto ini antrian yang paling lama.

Selesai foto kita disuru melakukakan interview abis itu disuru dateng lagi 4 hari kemudian untuk mengambil paspor di loket  pengambilan  paspor..

4 hari kemudian dateng lagi ke imigrasi dengan menaruh kwitansi pembayaran paspor yang ada pada drop box loket pembayaran..trus tunggu deh sampai nama kita dipanggil. Pas dipanggil kita disuruh tanda tangan dan mengisi nama kita, sesudah itu disuruh juga untuk fotokopi paspornya dua rangkap ke koprasi yang ada di imigrasi, hasil fotokopian di kembalikan ke loket pengambilan paspor.

Selesai, Paspor sudah ditangan ayok kita berpetualang 😀

Advertisements

Komentar komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s